1

Rapat dimulai pada pukul 08.45 WIB yang dipimpin oleh Wakil Ketua PTA Bandung YM. Drs. H. Sahrudin, S.H., M.H.I. Rapat ini merupakan lanjutan dari rapat minggu sebelumnya tanggal 24 Juli 2023.

1

 

Pemaparan pertama oleh Area V yang sudah melakukan rapat monev tanggal 18 Juli 2023 yang diwakili oleh Bapak Rustandi, S.Ag. Area V sudah melakukan public campaign berupa memperbaharui banner di area parkiran depan yang bekerja sama dengan TURT dan Area VI. Untuk selanjutnya akan dilakukan perubahan video profile PTA Bandung, karena masih KPTA yang lama. Revisi SK Pengendalian gratifikasi sudah dilakukan bekerjasama dengan bagian kepegawaian. Telah dilakukan penilaian resiko sudah diperbaharui sesuai surat SEKMA No 4/2019. Identifikasi resiko ditambahkan untuk bagian kepaniteraan terkait kelengkapan berkas banding dan gratifikasi penanganan perkara. Poin penanganan pengaduan masyarakat masih dalam proses 75%. Poin hasil evaluasi penanganan pengaduan masyarakat juga masih dalam proses. Whistleblowing system sudah diperbaharui berupa screenshoot SIWAS Tahun 2023.  Poin LHKPN sudah 100% karena data sudah diinput dari awal tahun 2023.

Tanggapan dari Bapak Wakil Ketua PTA Bandung: di bagian reform poin pengaduan masyarakat dan tindaklanjut nya harus segera dilengkapi karena poin yang sangat penting di Area V.

2

Area I diwakili oleh Sekretaris Tim Bapak Drs. Sidik Widyaksa. Rapat sudah dilakukan tanggal 26 Juni 2023. Setelah dilakukan rapat harus ada perubahan dibagian rencana kerja pembangunan ZI. Perubahan rencana kerja juga harus ada kesinambungan dengan area-area lain, oleh karenanya harus diagendakan rapat dengan area-area lain. Setiap area juga harus mengumpulkan monev masing-masing area kepada Area I, karena akan dimasukkan kedalam poin pola pikir dan budaya kerja. Terkait agen perubahan harus ada perubahan di tahun 2023, Area I sudah berkoordinasi dengan Tim IT untuk melakukan polling pemilihan agen perubahan oleh seluruh pegawai.

Tanggapan dari Bapak Wakil Ketua PTA Bandung: Area I harus segera membuat SK Tim Agen Perubahan. Sosialisasi renacana aksi juga harus segera meskipun untuk sekarang sudah agak terlambat dan tidak konsisten, karena seharusnya sudah dilakukan dibulan Februari. Karena Monev harusnya dilakukan perbulan. Untuk masing-masing Area dimohon untuk segera menyerahkan catatan-catatan/notulen nya kepada Area I. Rencana aksi disesuaikan dengan program kerja, misalnya penangan pengaduan yang dilakukan per triwulan. Bapak Faridl Mudzaky, S.Kom SK Tim Area Perubahan sudah ada untuk tahun 2023 meskipun yang tandatangan masih KPTA yang lama.

3

 

Area II diwakili oleh Sekretaris Tim Bapak Nurmansyah, S.Ag, rapat sudah dilakukan tanggal 25 Juli 2023. Pada SOP khususnya pada peta bisnis proses utama Misi PTA Bandung sudah diperbaharui. SOP sudah diterapkan harus dibuat berupa figura yang ditempatkan di lobi, yang diagendakan Bulan Agustus. Aplikasi yang berbasis elektronik sudah diupload di link tetapi ada beberapa perubahan karena adanya penambahan aplikasi baru.

Untuk poin keterbukaan informasi publik yaitu SK PPID , SK Tim Monev Pemanfaatan IT harus diupdate. Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) banyak yang harus diperbaharui misalnya Aplikasi SAKTI, Aplikasi Pengaduan. Eviden Area II akan segera diselesaikan di Bulan Agustus.

Tanggapan dari Bapak Wakil Ketua PTA Bandung: SOP harus diupdate karena masih banyak yang SOP mengacu pada SAPM. Terkait transformasi digital agar lebih kelihatan, yaitu di bagian monev nya. Impelementasi SOP juga berkaitan dengan monev yang menyesuaiakan dengan rencana aksi.

Area III diwakili oleh Bapak Faridl Mudzaky, S.Kom. Area III penyusunan anjab pegawai masih on process. Pemberian reward dan punishment belum dilakukan, SK Tim sudah ada tinggal di ttd KPTA. Sistem informasi kepegawaian sudah diupdate berupa Screenshoot SIKEP.

Area IV diwakili oleh Drs. H. Jeje Jaenudin, M.S.I. Progress Area II yaitu dokumen SAKIP sudah dilakukan di awal tahun , yang masih berjalan yaitu monev triwulan. Aplikasi Komdanas dan Monev Bappenas bisa dimasukkan sebagai eviden di Area 2 dan Area 4.

Area VI diwakili oleh Bapak Drs. H. Ayep Saepul Miftah, S.H., M.H. Area VI sudah melakukan rapat tanggal 5 Juli 2023. Area VI banyak kaitannya dengan Area II. Usulan dari Area VI yaitu inovasi di PTA Bandung belum banyak disosialisasikan kepada semua pegawai. SK Kompensasi Layanan masih tahun 2019, harus segera diupdate. Reviu standar pelayanan belum ada tindak lanjut. Budaya pelayanan prima sudah ada eviden yang berupa sosialisasi dari BSI. Reward dan punishment untuk petugas pelayanan belum diperbaharui.

Tanggapan dari Bapak Wakil Ketua PTA Bandung: Kaitannya Area VI dengan standar layanan, perlu dilakukan reviu. Kemudian reward punishment untuk layanan di tahun 2023 belum ada. SK Pengelola SPAN Lapor belum ada. Survey sudah dilaksanakan pertriwulan dan sudah disampaikan ke satker, dan tinggal diolah, laporan survey akan diselesaikan minggu awal agustus. Menurut proker harusnya hasil survey sudah selesai di bulan Juli.

Area Hasil terkait dengan survey. Hasil survey terkait dengan integritas, capaian kinerja dan peningkatan pelayanan prima. Capaian kinerja melebihi 100% khususnya di core business. Peningkatan pelayanan prima dibuktikan dengan nilai survey.

 

Editor : Sabrina Vanissa R.H, S.H., M.Kn

Foto : Ardi Pratama Riyadi, S.T.